Matahari adalah Sebuah Bintang

Posted by

Pada dasarnya matahari merupakan salah satu bintang yang berada di tata surya dan menjadi pusatnya. 

Matahari termasuk bintang karena dapat menghasilkan energi cahaya sendiri. Cahaya matahari dibandingkan bintang yang lain terasa lebih cemerlang.

Apa yang dimaksud dengan bintang ? Bintang adalah benda angkasa yang mempunyai cahaya sendiri, salah satunya adalah matahari. Dilihat dari bumi, mataharilah yang mempunyai jarak terdekat di antara bintang-bintang, yaitu 1 SA = 150 juta km.

Oleh karena itu, cahaya mataharilah yang paling banyak sampai di bumi. Bahkan, cahaya matahari inilah yang merupakan sumber energi di bumi, meskipun sebenarnya matahari bukanlah termasuk bintang yang besar dan mempunyai kecahayaan yang terang dalam galaksi Bimasakti.

Bintang berikutnya yang terdekat dengan bumi adalah Alpha Centaury, berjarak 4,2 x 1013 km dari bumi.

Kecahayaan bintang (tingkat terangnya cahaya) dinyatakan dalam magnitudo. Magnitudo dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu magnitudo semu dan magnitudo absolut (mutlak). Magnitudo semu adalah banyaknya cahaya yang sampai ke mata kita, sedangkan magnitodo absolut adalah banyaknya cahaya (intensitas cahaya) yang dipancarkan oleh bintang. 

Dari data pengukuran magnitudo, ternyata magnitudo semu matahari kita adalah yang paling kecil dibandingkan dengan bintang lainnya. Artinya, cahaya matahari yang sampai ke mata kita paling banyak (intensitas paling tinggi). Hal ini wajar karena matahari adalah bintang yang paling dekat dengan bumi. Namun, jika dilihat dari magnitudo absolutnya, matahari termasuk bintang yang lemah kecahayaannya.


Blog, Updated at: 10:04 PM

0 comments:

Post a Comment